Lima Fakta Keren Tentang Soekarno (Bung Karno)

Pastinya kamu sudah tidak asing dengan bapak proklamator yang satu ini, Ir. Soekarno. Presiden pertama Indonesia yang paling menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia. Ya, tidak hanya menjadi kebanggaan Indonesia, ketegasan dan kecerdasannya membuat pria yang akrab disapa Bung Karno ini dikagumi oleh masyarakat dunia.


Selain menjadi orang penting bagi bangsa Indonesia apalagi yang kamu tahu tentang Soekarno? Ada banyak buku yang telah menulis kisah hidup salah satu tokoh yang paling banyak memberikan pengaruh pada sejarah bangsa Indonesia, tapi tetap saja beberapa fakta tentang Soekarno ini pastinya akan membuat kamu penasaran. Berikut ini adalah beberapa fakta tentang Soekarno yang akan membuat kamu semakin kagum dengan pria kelahiran Surabaya, 6 Juni 1901.

Pertama: Tidak hanya di Indonesia, nama Soekarno juga telah diabadikan di beberapa negara di dunia. Di Rusia nama Soekarno diabadikan sebagai nama masjid di St. Petersburg. Nama Soekarno juga digunakan sebagai nama jalan di Ibu Kota Maroko. Di Pakistan tercatat ada dua jalan yang menggunakan nama Soekarno, yakni Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar, dan Soekarno Bazar di Lahore.
Kedua: Meski dicetak dalam jumlah terbatas, namun perangko Soekarno ternyata tidak hanya dibuat di Indonesia. Ya, sebagai penghormatan untuk Soekarno pemerintah Kuba menerbitkan perangko dengan gambar Bung Karno dan Fidel Castro. Penerbitan perangko yang memiliki nilai historis dan patriotik pada 19 Juni 2008 lalu itu sekaligus untuk merayakan HUT ke-80 Fidel Castro.

Ketiga: Jauh sebelum Jokowi, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Soeharto, Soekarno telah lebih dulu menjadi cover majalah Time. Tak hanya sekali, Time dua kali menampilkan Soekarno di halaman depan, yakni pada edisi Desember 1946 dan Maret 1958. Dalam terbitan pertamanya, majalah Time menyebut ‘Putra Sang Fajar’ tersebut sebagai orator yang ulung karena mampu meyakinkan dan mempengaruhi pendengarnya.
Keempat: Di dunia Barat dan Timur Tengah Soekarno memiliki nama panggilan Ahmed Soekarno. Sehingga tidaklah heran kamu bisa menemukan nama jalan Ahmed Soekarno di Mesir. Penambahan nama Ahmed dimaksudkan untuk memperkuat nuansa keislaman sehingga dapat menarik perhatian masyarakat Timur Tengah.

Kelima: Tak hanya jago dalam bidang politik Presiden Soekarno juga pandai memberikan gagasan dalam menciptakan bangunan-bangunan indah yang sekarang masih bisa kita lihat, yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno yang menjadi stadion kebanggaan bangsa Indonesia. Monumen Nasional (Monas) yang merupakan monumen perjuangan para pahlawan, Masjid Istiqlal-masjid terbesar di Asia Tenggara, Wisma Nusantara-Gedung perkantoran di kawasan bundaran HI, Hotel Indonesia-hotel berbintang pertama di Indonesia, dan Patung Dirgantara-patung selamat datang Jakarta. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar