Materi IPS : keadaan alam dan aktivitas penduduk indonesia, Lengkap dan Ringkas

KEADAAN ALAM DAN AKTIVITAS PENDUDUK INDONESIA


A.KOLERASI HUBUNGAN ANTAR RUANG DAN WAKTU
Pengertian ruang dalam arti luas adalah seluruh permukaan bumi yang merupakan lapisan biosfer,tempat hidup manusia,tumbuh – tumbuhan,dan hewan.dalam arti sempit ruang adalah wilayah yang memiliki batas – batas tertentu,baik keadaan alam,social,pemerintahan,dan lain sebagainya.
Kolerasi hubungan antara ruang yang satu dengan lainnya dapat dipahami melalui contoh berikut. 
1.peristiwa tanah longsor yang terjadi di kawasan penambangan emas freeport papua terjadi karena kerusakan hutan dan tanah akibat penambangan yang dilakukan secara besar- besaran di kawasan mimika oleh perusahaan Freeport.hutan yang sebelumnya dapat menahan air hujan telah rusak dan menjadi area pertambangan.hal ini mengakibatkan tanah terkikis air hujan dan longsor.
2.penduduk daerah pantai menghasilkan berbagai macam ikan,sedangkan penduduk daerah dataran tinggi dan pegunungan menghasilkansayuran dan buah-buahan.untuk memperoleh barang-barang tersebut,penduduk daerah pantai dan pegunungan melakukan perdagangan di pasar.akibatnya ada aliran barang dari pantai ke pegunungan dan aliran bahan makanan dari pegunungan ke daerah pantai.
3.untuk masalah udara di daerah pantai dan pegunungan juga berbeda,udara di pantai cenderung lebih panas dan kering,sedangkan udara di pegunungan lebih dingin dan basah.oleh karena itu banyak penduduk daerah pantai yang berwisata ke pegunungan dan penduduk daerah pegunungan yang berwisata ke pantai untuk sekadar merasakan suasana daerah lain


B.LETAK WILAYAH DAN PENGARUHNYA BAGI KEADAAN ALAM INDONESIA

1.LETAK ASTRONOMIS
Letak astronomis adalah letak suatu wilayah atau Negara terhadap garis lintang dan garis bujur.garis lintang adalah garis khayal yang melintang melingkari bumi.garis bujur adalah garis khayal yang menghubungkan antara kutub selatan dan utara,secara astronomis,wilayah Indonesia berada antara 6’ LU – 11’ LS dan 95’ BT – 141’ BT.Wilayah Indonesia paling utara tepat pada posisi 6’ LU adalah Pulau WE,wilayah selatan pada posisi 11’ LS adalah Pulau Rote (nusa tenggara timur),wilayah paling barat tepat pada 95’ BT adalah Pulau We juga,dan paling timur pada posisi 141’ BT di kota merauke (papua).

2.LETAK GEOGRAFIS
Letak geografis adalah letak suatu daerah atau tempat dilihat dari kenyataan sebenarnya di muka bumi.Wilayah Indonesia juga berbatasan dengan sejumlah wilayah . Batas-Batas wilayah Indonesia dengan wilayah lainnya adalah seperti berikut.
·         Di sebelah utara,Indonesia berbatasan dengan Malaysia,singapura,palau,Filipina dan laut china selatan
·         Di sebelah selatan,Indonesia berbatasan dengan timor leste,Australia,dan samudra hindia.
·         Di sebelah barat,Indonesia berbatasan dengan samudra hindia.
·         Di sebelah timur,Indonesia berbatasan dengan papua nugini dan samudra pasifik.

3.LETAK GEOLOGIS.
Letak geologis artinya letak wilayah atau negara dilihat dari batuan-batuan pembentuknya.jika ditinjau dari letak geologisnya,wilayah negara indonesia dikelompokkan menjadi tiga zona atau wilayah yaitu:
a.zona dangkalan sahul
pulau-pulau di zona dangkalan sahul ini adalah pulau irian dan pulau irian dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.
b.zona Indonesia tengan (antara dangkalan sunda dan dangkalan sahul)
zona tengah ini dikelilingi oleh laut dalam yang memisahkan menjadi batas pemisah dengan benua asia di sebelah barat dan benua Australia di bagian timur.
c.zona dangkalan sunda (sebelah barat)
zona ini dinamakan dangkalan sunda,karena wilayah lautnya berupa laut dangkal.berdasarkan letak geologisnya wilayah Indonesia juga merupakan titik pertemuan antara dua jalur pegunungan di dunia,yaitu:jalur pegunungan muda sirkum mediteran dan jalur pegunungan muda sirkum pasifik.
a.jalur pegunungan muda sirkum pasifik
jalur pegunungan ini mulai dari amerika selatan ke amrerika utara terus ke asia timur melalui Filipina masuk ke Indonesia dan berakhir di laut banda.
b.jalur pegunungan muda sirkum mediteran
jalur pegunungan ini mulai dari spanyol di eropa selatan terus kearah timur menuju ke eropa timur masuk ke asia barat terus ke asia selatan dan asia tenggara akhirnya masuk wilayah Indonesia dan berakhir di laut banda juga.


C.KEADAAN ALAM INDONESIA

1.IKLIM DI INDONESIA
secara umum,keadaan iklim di Indonesia dipengaruhi oleh tiga jenis iklim,yaitu iklim musim,iklim laut,dan iklim panas
a.iklim musin,dipengaruhi oleh angin musin yang berubah-ubah setiap periode waktu tertentu.
b.iklim laut,terjadi karena Indonesia memiliki wilayah laut yang luas sehingga banyak menimbulkan penguapan dan akhirnya mengakibatkan terjadinya hujan.
c.iklim panas,terjadi karena Indonesia berada di daerah tropis.

2.BENTUK MUKA BUMI DAN AKTIVITAS PENDUDUK INDONESIA
Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya,kegiatan ekonomi dikelompokkan menjadi tiga sebagai berikut.
a.produksi, kegiatan produksi yaitu kegiatan menghasilkan atau meningkatkan nilai guna barang atau jasa.
b.distribusi, kegiatan distribusi yaitu kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke komsumen.
c.konsumsi, kegiatan konsumsi yaitu kegiatan menghabiskan atau mengurangi nilai guna barang atau jasa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar